500 peserta Run For Smile boleh jadi disebut sebagai pahlawan bagi anak-anak penderita bibir sumbing. Betapa tidak, ke-500 peserta tersebut ikut menyukseskan program Badan amal Internasional Khusus Anak-anak Smile Train Indonesia pada momen Hari Pahlawan, 10 November 2019 ini.

Ajang lari ‘Run for Smile; Be a Hero’, diselenggarakan atas kerjasama Smile Train Indonesia, Abhati Group, Hotel Harper Purwakarta, dan komunitas Indorunners Purwakarta yang berkonsep Charity Run.

Di momen Hari Pahlawan ini, menggugah kesadaran dan peran masyarakat guna membantu serta mendukung terhadap penderita bibir sumbing dan celah langit-langit.

“Kegiatan ini diharapkan mampu memberikan nilai lebih bagi setiap pesertanya. Terutama memberikan dukungan terhadap penderita bibir sumbing dan celah-celah langit,” kata Country Manager Smiles Train Indonesia Deasy Larasati di Hotel Harper Purwakarta, Ahad (10/11).

Run For Smile sendiri diikuti oleh 500 peserta, setiap peserta akan menempuh jarak lari sejauh 5 kilometer, dengan garis start dan finish di Hotel Harper Indonesia, yang diikuti oleh masyarakat umum, keluarga pasien, dan Smile Train Indonesia.

Pihaknya pun mengucapkan terima kasih kepada pihak donatur seperti Abhati Group dan Hotel Harper Purwakarta.

“Anak-anak dengan kelainan celah akan mengalami berbagai masalah kesehatan seperti sulit makan, sulit bernafas, sulit bicara, kurang gizi serta bersosialisasi,” kata Deasy.

Salah satu orang tua penderita bibir sumbing, Fatimah (30), asal Kabupaten Karawang mengaku terbantu dengan kegiatan tersebut, apalagi suaminya hanya bekerja sebagai buruh serabutan.

Untuk diketahui, di Indonesia, lebih dari 9.000 anak mengalami kelainan celah bibir dan atau langit-langit setiap tahunnya.

Sejak 2002, pihak Smiles Train Indonesia sudah membantu 85 ribu anak-anak di seluruh Indonesia yang mengalami bibir sumbing. Memiliki mitra rumah sakit serta medis di bidangnya termasuk dengan TNI.

Kegiatan Run For Smiles diikuti juga oleh Mantan Pemain Sepkabola Timnas Indonesia, Syamsir Alam dan Putri Indonesia 2017, Bunga Jelitha Ibrani.(dds/add)

Sumber : https://kesatu.co/500-peserta-run-for-smile-pahlawan-bagi-anak-anak-penderita-bibir-sumbing/#prettyPhoto